Tuesday, May 6, 2014

Ayat yang digunakan untuk Ruqyah



ALFATIHAH
ALBAQARAH
{1} الم
{2} ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
{3} الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنزَلَ اللّهُ مِنَ السَّمَاء مِن مَّاء فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَآبَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخِّرِ بَيْنَ السَّمَاء وَالأَرْضِ لآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ ﴿١٦٤﴾
لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
AYAT KURSI
آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللّهِ وَمَلآئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ وَقَالُواْ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ ﴿٢٨٥﴾
لاَ يُكَلِّفُ اللّهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَآ أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ ﴿٢٨٦﴾
ALI IMRON
{18} شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
ASSOFFAAT
وَالصَّافَّاتِ صَفًّا ﴿١﴾
فَالزَّاجِرَاتِ زَجْرًا ﴿٢﴾
فَالتَّالِيَاتِ ذِكْرًا ﴿٣﴾
إِنَّ إِلَهَكُمْ لَوَاحِدٌ ﴿٤﴾
رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَرَبُّ الْمَشَارِقِ ﴿٥﴾
إِنَّا زَيَّنَّا السَّمَاء الدُّنْيَا بِزِينَةٍ الْكَوَاكِبِ ﴿٦﴾
وَحِفْظًا مِّن كُلِّ شَيْطَانٍ مَّارِدٍ ﴿٧﴾
لَا يَسَّمَّعُونَ إِلَى الْمَلَإِ الْأَعْلَى وَيُقْذَفُونَ مِن كُلِّ جَانِبٍ ﴿٨﴾
دُحُورًا وَلَهُمْ عَذَابٌ وَاصِبٌ ﴿٩﴾
إِلَّا مَنْ خَطِفَ الْخَطْفَةَ فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ ثَاقِبٌ ﴿١٠﴾
ARRAHMAN
يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانفُذُوا لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ ﴿٣٣﴾
فَبِأَيِّ آلَاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ ﴿٣٤﴾
يُرْسَلُ عَلَيْكُمَا شُوَاظٌ مِّن نَّارٍ وَنُحَاسٌ فَلَا تَنتَصِرَانِ ﴿٣٥﴾
فَبِأَيِّ آلَاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ ﴿٣٦﴾
ALHASYR
لَوْ أَنزَلْنَا هَذَا الْقُرْآنَ عَلَى جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ ﴿٢١﴾
هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ ﴿٢٢﴾
هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ ﴿٢٣﴾
هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْأَسْمَاء الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ ﴿٢٤﴾
ALJIN
قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا ﴿١﴾
يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ وَلَن نُّشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا ﴿٢﴾
وَأَنَّهُ تَعَالَى جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَلَا وَلَدًا ﴿٣﴾
AL KAFIRUN
3 QUL

Sumber : Ustadz Rusydi Ramli, Jabatan Pengajian Islam Malaysi
dalam acara Ruqyah Syar'iyyah yang diadakan pada bulan Maret 2014 oleh Commitee of Revealed Knowledge Festival, IIUM

آراء العلماء في النظر في الخطبة



النظر إلى المخطوبة والخاطب
تعتبر المرأة المراد خطبتها أجنبية فيما يتعلق بالخاطب٬ والأصل في النظر إلى الأجنبة التحريم للأدلة التالية:
١-  قوله تعالى : (قل للمؤمنين يغضوا من أبصارهم ويحفظوا فروجهم).
٢- قول النبي صلى الله عليه وسلم : "كتب على ابن آدم حظه من الزنا٬ أدرك ذلك لا محالة٬ فزنا العين النظر". والمقصود بالنظر: هو النظر إلى الأجنبيات من النساء.
واستثنى الشارع من التحريم النظر إلى الأجنبة للحاجة٬ كالنظر من أجل الشهادة٬ والنظر من أجل البيع والشراء٬ والنظر للعلاج٬ ونقل النووي الإجماع على ذلك٬ وكذلك النظر للمخطوبة الذي هو مدار بحثي هذا.
المطلب الأول : نظر الرجل إلى المرأة
المسألة الأولى : مشروعية النظر
النظر إلى المخطوبة مشروع بالكتاب٬ والسنة٬ وعمل السلف الصالح٬ والإجماع :
الكتاب : قال تعالى : (ولو أعجبك حسنهن) وجه الاستدلال بالآية : أن حسنهن لن يعجب رسول الله إلا بعد رؤيتهن.
السنة القولية : عن المغيرة بن شعبة٬ أنه خطب المرأة٬ فقال النبي "أنظر إليها فإنه أحرى أن يؤدم بينكما".
السنة الفعلية :
عن عائشة٬ قالت : قال لي رسول الله : "أريتك في المنام٬ يجيء بك الملك في سرقة من حرير٬ فقال لي : هذه امرأتك٬ فكشف عن وجهك الثوب٬ فإذا أنت هي٬ فقلت : إن يك هذا من عند الله يمضه". وجه الاستدلال بالحديث٬ هو أن النبي قد أري وجه عائشة في المنام ورؤيا الأنبياء حق٬ فالنبي تنام عيناه ولا ينام قبله.
الإجماع : فقد ذكره ابن قدامة في المغني حيث قال : ولا نعلم بين أهل العلم خلافا في إباحة النظر إلى المرأة عند إرادة نكاحها.
عمل السلف الصالح :
١-  حديث جابر بن عبد الله٬ قال : فخطبت جارية فكنت أتخبأ لها حتى رأيت منها ما دعاني إلى نكاحها٬ فتزوجتها.
٢- عن محمد بن علي بن الحنفية " أن عمر بن الخطاب٬ خطب إلى علي ابنته أم كلثوم٬ فذكر له صغرها٬ (فقيل له : إن ردك فعاوده) فقال له علي : أبعث بها إليك فإن رضيت فهي امرأتك٬ فأرسل بها إليه٬ فكشف عن ساقيها٬ فقالت : لولا أنك أمير المؤمنين٬ لصككت عينك".
ولذلك اتفقت كلمة الفقهاء على مشروعية النظر إلى المخطوبة٬ ولم يخالف هذا القول إلا المغربي المالكي الذي لم يبح النظر ولا عبرة بقوله لمخالفته الأدلة الصحيحة٬ وإجماع الأمة٬ والتي دلت على مشروعية النظر إلى المخطوبة.[1]
المسألة الثانية : حكم النظر إلى المخطوبة عند الفقهاء
رأي الفقهاء : فقد اختلفوا في حكم ذلك٬ على النحو التالي :
القول الأول : أن النظر إلي المخطوبة سنة٬ وهذا القول الحنفية٬ والشافعية٬ وقول بعض الحنابلة.
 القول الثاني : أن النظر إلي المخطوبة حكمه الجواز٬ وهذا القول المالكية٬ والحنابلة.
الأدلة : استدل  من قال أنه سنة بما يلي :
١-  بالأدلة الكثيرة التي دلت على مشروعية النظر إلى المخطوبة والتي يبق ذكرها.
 ٢- أن النظر إلى المخطوبة يترتب عليه فوائد كثيرة٬ سيأتي ذكرها.
٣- ما فعله النبي وحث عليه٬ ورتب عليه فوائد لا يمكن أن يكون مبتحا فقط.
أما من قال بالإباحة فقد استدلوأ بما يلي :
١- بالإذن الذي أعطاه الشارع للخاطب٬ إذ الأصل في النظر إلى الأجنبة التحريم فجاء إذن الشارع ليرفع هذا الحظر٬ وليفيد الإباحة فقط٬ عملا بالقاعدة (الأمر بعد الحظر يفيد الإباحة).
  ٢-  لقوله النبي في حديث أبي حميد "فلا جناح عليه أن ينظر إليها" ٬ ورفع الحرج يفيد الإباحة.[2]
المسألة الثالثة : الحكمة من مشروعية النظر
 ١- بالنظر إلى المجطوبة يحصل الكثير من المنافع٬ فحصول النظر قبل الخطبة يعني أن يكون الزواج على هدي وبصيرة.
٢- بانظر تحصل المودة والمحبة بين الخاطبين¸حيث قال النبي : "فإنه أحرى أن يؤدم بينكما". وبهذا تقوم الحياة الزوجية من بدايتها على أساس من المحبة التي هي أساس الاستقرارل والديمومة.
٣- في منع النظر ضرر كبير للخاطب والمخطوبة٬ فلو تزوج الرجل دزن أن يرى٬ ثم لم تعجبه الزوجة فإما أن يمسكها على كره٬ وفي ذلك ضرر له ولها٬ وإما أن يطلقها٬ فيلحقها الأذى والضرر٬ ويخسر هو المهر٬ فلا بد إذن من النظر.
المسألة الرابعة : الإذن في النظر
رأي الفقهاء : هل يشترط في الخاطب أن يستأذنها أو يستأذن وليها قبل النظر؟ وهل يشترط علمها أو علم وليها؟ اختلفت كلمة الفقهاء في ذلك إلى قولين :

القول الأول : لا يشترط استئذان الفتاة ولا وليها٬ ولا يشترط علمها٬ ولا علم وليها٬ وهو قول جمهور الفقهاء من الحنفية٬ والشافعية٬ والحنابلة٬ وابن حزم٬ وهو منقول عن سفيان الثوري.
القول الثاني : اشترط الاستئذان منها أو وليها٬ وهو قول المالكية.
الأدلة : استدل الجمهور٬ بما يلي :
١-الاكتفاء بإذن الشارع الذي أمر بالنظر إلى المخطوبة٬ دون اشتراط إذنها أو علمها.
٢- لأن حديث النبي صريح في جواز عدم استئذانها٬ أو إعلامها٬ إذ قال النبي في حديث أبي حميد : "وإن كانت لا تعلم".
واستدل أصحاب القول الثاني بأدلة عقلية هذا نصها :
١-اشترط الإذن سدا للذريعة حتى لا يتطرق الفساق إلى النظر إلى كل امرأة بحجة أنهم خطاب.
٢- في حال استغفالها والنظر إليها بغير إذن قد يقع نظره على عورة لا يحل له النظر إليها٬ فلا بد من الإذن.
القول الراجح : أرجع القول الأول : لصحة أدلة هذا الفريق وسلامتها عن المعارضة٬ ولأن الإذن عقبة أمام الخاطب٬ فبعضهم يستحي أن يستأذن لرؤية المخطوبة.[3]
المسألة الخامسة : حدود النظر
والمقصود بذالكىالجزء الذي يحل للخاطب أن يراهى من خطيبته مكشوفا٬ وهذاالأمر اختلفت فيه كلمة الفقهاء إلى أقوال :
القول الأول : النظر إلى الوجه فقط٬ وهو قول لأحمد والغزالي.
القول الثاني : الوجه٬ والكفين ظهرا وبطنا٬ من رؤوس الأصابع إلى مفصل الكف٬ وهو رأي جمهور الفقهاء من الحنفية٬ والمالكية٬ والشافعية٬ وقول لأحمد٬ وهو منقول عن سفيان الثوري.
القول الثالث : النظر إلى ما يظهر منها غالبا٬ كالوجه٬ والكفن٬ والرقبة٬ والقدم٬ وهو قول للإمام أحمد.
القول الرابع : ينظر إليها جميعها وهو قول ابن حزم٬ وهناك قول للأوزاعي قريبا من ذلك٬ وهو النظر إلى مواضع اللحم.
الأدلة : استدل الذين قالوا بالنظر إلى الوجه فقط :
لأن النظر إنما شرع للحاجة وتندفع الحاجة بالنظر إلى الوجه٬ ويبقى غيره على التحريم٬ لأن الوجه هو مجمع المحاسن٬ فيكتفلى به عن غيره. استدل القائلون بالنظر إلى الوجه والكفين بما يلي :
١-من القرآن بقول الله : (ولا يبدين زينتهن إلا ما ظهر منها)
وجه الاستدلال بهذه الآية هو : أن المرأة لا يجوز لها أن تبدي من زينتها إلا ما ظهر منها٬ وهو ما ليس بعورة وهو الوجه والكفان٬ والذي يدل على أن المراد بالزينة الظاهرة هو الوجه والكفان٬ ما يلي :
أولا : لحديث أسماء بنت أبي بكر٬ فعن عائشة أن أسماء دخلت على رسول الله وعليها ثياب شامية رقاق٬ فأعرض عنها٬ ثم قال : ما هذا يا أسماء ؟ إن المرأة إذا بلغت المحيض لم يصلح أن يرى منها٬ إلا هذا وأشار إلى وجهه وكفيه.
ثانيا : هذا القول منقول عن عائشة٬ وابن عباس٬ وابن عمر وسعيد بن جبير٬ والأوزاعي وسفيان الثوري.
٢- لأن الوجه والكفين هو ما يظهر من المرأة في الإحرام بالحج٬ وهو ما يظهر منها في الصلاة٬ وهو ما يظهر منها غالبا.
استدل الذين قالول بالنظر إلى غير الوجه والكفين بما يلي:
١-أنه صلى الله عليه وسلم لما أذن في النظر إليها من غير علمها٬ علم أنه أذن في النظر إلى ما يطهر منها غالبا٬ ولا يكمن إفراد الوجه والكفين بالنظر مع مشاركة غيره له بالظهور.
رجح الألباني هذا الرأي مستندا إلى فعل أصحاب النبي منهم جابر٬ ومحمد بن مسلمة٬ وعمر الذي كشف عن ساق أم كلثوم.
واستدل القائلون بالنظر إلى جميع بدن المخطوبة٬ بما يلي:
استدل انب حزم على ما ذهب أليه: بظاهر النص في قوله "انظر إليها" فالشارع لما أمر بالنظر إليها لم يستثن شيئا منها.
الترجيح : أرجع القول الثاني في جواز النظر إلى الوجه والكفين لما يلي:
١-لأن الوجه والكفين ليسا بعورة٬ لأن المرأة تصح صلاتها مع كشفهما٬ وتكشفهما عند الإحرام في الحج.
وأضيف إلى الوجه والكفين ما يلي:
١- أن ينظر الخاطب إلى هيئتها وقامتها٬ فيتبين طولها من قصرها٬ وملاءتها من نحافتها٬ وسلامة بدنها٬ واستقامة مشيتها٬ وخلوها من العيوب الظاهرة٬ فأن النبي صلى الله عليه وسلم صعّد النظر و صوّبه إلى المرأة التي جاءت تهب نفسها إليه٬ ولفعل محمد بن مسلمة الذي كان يطردها ببصره طردا شديدا٬ فهو لم يكن ينظر فقط إلى الوجه والكفين٬ بل إلى هيئتها عامة٬ من طول٬ وقصر٬ وغير ذلك.
٢- أن يلتمس محاسنها وما يدعوه إلى نكاحها فكل ذلك تحتمله النصوص التي دلت على مشروعية النظر٬ ولفعل المغيرة بن شعبة ومحمد بن مسلمة.
المسألة السادسة : وقت النظر
يرى جمهور الفقهاء أن يكون النظر قيل الخطبة٬ وبعد العزم عليها٬ حتى إذا رآها ولم تعجبه فتركها٬ لا تتأذى بذلك بخلاف ما إذا كانت الرؤية بعد الخطبة. كما قا النبي صلى الله عليه وسلم: إذا القي في قلب امرئ خطبة امرأة فلا بأس أن ينظر إليها.
المسألة السابعة : شروط النظر
١-أن يكون النظر بقصد الخطبة٬ لحديث أبي حميد أن النبي قال "إذا كما إنما ينظر إليها لخطبته".
٢- أن يعلم خلوها من الموانع التي تمنع الزواج٬ لأن المرأة الأجنبية التي لا يجوز الزواج منها في الحال لمانع من موانع الزواج لا يجوز خطبتها٬ ولا يجوز النظر إليها.
٣- أن لا يختلى بها بحجة النظر إليها لأن المرخص فيه النظر وليس شيئا آخر.
٤- أن يغلب على ظن الخاطب موافقتها على الزواج منه٬أما إن كان يعلم أنه لا يجاب على خطبته فلا يحل له النظر إليها.[4]
المسألة الثامنة : النظر بشهوة وتلذذ
رأي الفقهاء : اختلفت كلمة الفقهاء في النظر إلى المخطوبة بشهوة على النحو التالي:
القول الأول : يجوز له النظر ولو بشهوة وأن خاف فتنة٬ وهو قول الحنفية والشافعية.
القول الثاني : يشترط في جواز النظر أن يأمن ثوران الشهوة عند المظر٬ وأن لا يكون قصده من النظر التلذذ أو الريبة٬ وهذا قول المالكية والحنابلة.
المسألة التاسعة : تكرار النظر
رأي الفقهاء : اختلفت كلمة الفقهاء في موضع تكرار النظر على النحو التالي:
القول الأول : جواز تكرار النظر وهو قول الشافعية والحنابلة للإذن القائم من الشارع.
القول الثاني : ينظر بالقدر الذي يكفي ليتبين هيئيها٬ ويو\مكن تقدير ذلك بثلاث مرات٬ وهو قول بعض الشافعية.
الرأي الراجح : هو جواز تكرار النظر دون تحديد٬ لعموم الإذن.
المسألة العاشرة : مكان حصول النظر
١-في الأماكن العامة٬ في السوق أو الحقل مثلا٬ للأدلة التالية:
أ- حديث معاذ "فكنت أتخبأ لها في أصول النخل" لأي في حقول النخل.
ب- حديث المرأة التي وهبت نفسها للنبي٬ فرآها وهو مع أصحابه في مكان عام.
٢- في بيت إهلها أو في بيوت محارمها بإذن منهم٬ والدليل على ذلك في حديث جواز النظر إلى من يريد تزوجها في بيت أهلها٬ بعد أن يستأذن لذلك٬ وفي حضرة محارمها بعيدا عن الخلوة التي تندفع بخضور امرأة فأكثر٬ أو أحد المحارم فأكثر.[5]
المطلب الثاني : نظر المرأة إلى الرجل
اتفقت كلمة الفقهاء على مشروعية نظر المخطوبة إلى الخاطب ولكن النصوص التي شرعت النظر إلى المخطوبة تحمله للأسباب التالية:
١-أن المرأة تحب أن ترى من الرجل ما يحب الرجل أن يرى منها.
٢- أنها تنتفع بنظرها إليه كما ينتفع هو بنظره إليها من حصول المودة والرضا والقبول والإعجاب.
٣- لأنها طرف في العقد ولها حق الموافقة أو الرفض٬ فمن حقها أن تراه ولها أن ترى منه ما يظهر غالبا٬ لتبدي رأيها٬ بعد علم ومعرفة.
٤- القول بمشروعية النظر إلى الخاطب ينسجم مع مقصد الشارع في مشروعية النظر, لما قال: "ليؤدم بينكما" لما عمم الإدامة أو الدوام عليهما فهم منه ضرورة حصول النظر منهما٬ وإلا كيف سيحصل الدوام منهما إذا كان النظر من طرف واحد.

تطبيق الخطبة في ماليزيا
الخطبة في ماليزيا أحيانا ترادف معنى نكاح الخطبة ومن أغراض نكاح الخطبة (أو ، بعبارات عامة في ماليزيا ، والشنق الزواج) هو الزواج الذي يفي بجميع شروط الزواج، لكن الزوجين لا يعيشان معا . يتم عقد الزواج كعقد الزواج العادي ، ولكن بدون حفلات الزفاف.
بالإضافة إلى ذلك، مسؤولية صيانة للزوجة غير مطلوبة على الزوج ، بحيث يعيش حياة الزوج والزوجة كالمعتاد.
لأنهم متزوجون بالفعل ، فإنها يمكن الخروج معا أو الدراسة معا أو أيا كان النشاط الذي ينطوي على اثنين منهم فقط . هذا الأسلوب هو أفضل من الخلوة . إذا كانت متجهة ليحدث الحمل ، والطفل هو المشروعة.
الإسلام هو مملوء برحمة و بركاته. تم إرسالها من قبل الله سبحانه وتعالى خلق الإنسان لعدم إعاقة أو نفي احتياجات الإنسان مثل الرغبة [ الرغبة الجنسية ] أي الشهوة ولكن جاء الإسلام لتصحيح و توجيه الناس إلى تطبيق الرغبة في الحق والخير .
وهذا النكاح الخطبة قد تكون جهدا واجتهادا في بلاد جوهر لرفع ولتجنب الزنا بين الناس.[6]
مع أن الإسلام يجعل نكاح الخطبة كوسيلة لمعرفة خصائص رجل وامرأة حتى تظهر بينهما السكينة والمودة في أداء الحياة الزوجية.
كما عن جابر رضي الله عنه قال النبي صلى الله عليه وسلم :
"إذا خطب أحدكم المرأة فإن استطاع أن ينظر منها إلى مايدعوه إلى نكاحها فاليفعل فخطبت جارية من نبي سلمة فكنت أختبئ لها تحت الكرب حتى رأيت منها بعض ما دعاني إلى نكاحها فتزوجتها".





[1] نايف٬ محمود الرجوب٬ أحكام الخطبة في الفقه الإسلامي٬ ( أردون: دار الثقافة للنشر والتوزيع ٬ ط١ ٬ ح ٢٠٠٨٬١١٢م ).
[2] المصدر السابق ح ١١٦
[3] المصدر السابق ح ١١٨
[4] المصدر السابق ح ١٢١- ١٢٧
[5] المصدر السابق ح ١٢٨-١٣٠

Terjemahan kitab أحكام الخطبة في الفقه الإسلامي : (must be revised)Khitbah

                                                          Untuk melihat tunangannya dan tunangannya

Perempuan dianggap bertunangan sehubungan dengan Balkhatab asing , Asli Alojunbh untuk melihat larangan bukti sebagai berikut :1 - mengatakan : ( Katakanlah kepada menyapu percaya mata mereka dan menjaga bagian pribadi mereka ) .2 - Nabi saw : "Hai anak manusia , menulis di peruntungannya perzinahan , menyadari bahwa mau tidak mau , kita menang mengingat mata . " Hal ini dimaksudkan dalam pandangan : itu adalah untuk melihat wanita asing .Dan dikecualikan jalan dari larangan Alojunbh untuk melihat kebutuhan , seperti mencari sertifikat , pertimbangkan untuk membeli dan menjual , dan mempertimbangkan untuk pengobatan , dan transfer konsensus nuklir ini , serta pertimbangan yang bertunangan selama penelitian ini .Persyaratan pertama : mata manusia untuk wanitaMasalah pertama : legalitas mempertimbangkanUntuk melihat tunangan proyek buku , tahun , dan pekerjaan Leluhur , dan konsensus :Book : The Almighty mengatakan : ( jika Anda suka Hassanhen ) wajah inferensi ayat : Hassanhen yang tidak hanya akan mengagumi Rasulullah setelah visi mereka .Tahun anekdot : Divisi bin invasif , bahwa pidato perempuan , Nabi berkata , "Saya melihat itu lebih mungkin untuk menciptakan cinta antara Anda . "Tahun yang sebenarnya :Aisyah berkata : Rasulullah berkata kepada saya : " Saya telah menunjukkan dalam mimpi , rajamu datang dalam pencurian sutra , dia berkata kepada saya : Ini adalah istri Anda , dan wajah Anda mengungkapkan gaun , jika Anda, saya katakan : The Iike Aamadh ini dari Allah . " Kesimpulan untuk berbicara , adalah bahwa Nabi mungkin saya melihat wajah Aisha dalam mimpi dan visi para nabi benar , Nabi tidur di depan matanya dan tidak tidur .Konsensus : katanya Mughni mengatakan : Kami tidak tahu di antara para ulama tidak seperti di legalisasi melihat wanita ketika ia ingin menikahinya .Aksi Leluhur :1 - moderen Jabir bin Abdullah , mengatakan : Fajtabt berlangsung Otakbo pikir itu sampai aku melihat beberapa di antaranya mengundang saya untuk menikahinya , Vtzojtha .2 - Mohammed bin Ali bin Tap " bahwa Umar ibn al - Khattab , pidato Ali untuk putrinya , Umm Kultsum , dia ingat nya kecil , (itu berkata kepadanya : Tanggapan Anda Faudh ) Ali berkata kepadanya : Aku mengirimkannya kepada Anda , yang dipilih sebagai istrimu , dikirim kepadanya , marah tentang kakinya , dia berkata : Anda tidak untuk setia , untuk Skkt mata " .Oleh karena itu setuju kata mengenai legalitas dari para ahli hukum untuk melihat tunangan , tidak hanya mengatakan ini melanggar Maroko Maliki , yang tidak diperbolehkan untuk mempertimbangkan tidak masalah , mengatakan bukti karena melanggar hak , dan konsensus bangsa , yang ditandai dengan melihat legalitas tunangan .Isu kedua : aturan untuk melihat tunangan ketika sarjanaPendapat ulama : mereka berbeda dalam bahwa aturan , sebagai berikut :Pandangan pertama adalah bahwa pertimbangan untuk tunangan tahun , yaitu keran , dan Syafi'i , dan Hanbali mengatakan beberapa .
 
Pandangan kedua adalah bahwa melihat paspor tunangannya , telah mengatakan Maliki , Hanbali dan .Bukti : disimpulkan dari tahun itu mengatakan sebagai berikut :1 - bukti telah menunjukkan bahwa banyak mempertimbangkan legalitas tunangan dan kiri disebutkan .
 
2 - bahwa pertimbangan untuk tunangan memerlukan banyak manfaat , akan disebutkan .3 - Apa yang dilakukan Nabi dan mendesaknya , dan diatur untuk manfaat yang tidak bisa menjadi satu-satunya Mptha .Mereka yang diberitahu oleh diijinkan dikutip sebagai berikut :1 - kewenangan yang diberikan ke jalan ditangani , sebagai awalnya dianggap Alojunbh larangan datang , maka jalan untuk menaikkan larangan tersebut , tetapi berguna hanya diizinkan , sesuai dengan aturan ( hal ini berguna setelah larangan tersebut diijinkan ) .
  
2 - kepada Nabi yang mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Abu Hamid " Jangan sayap itu harus dilihat , " dan meningkatkan manfaat penting diperbolehkan .Isu ketiga : kebijaksanaan mempertimbangkan legalitas
 
1 - Mengingat Almjtobh mendapat banyak manfaat , dianggap oleh Universal akses sarana untuk menjadi khotbah tentang pernikahan bimbingan dan wawasan .2 - Banzer mendapatkan kasih sayang dan cinta di antara pelamar ¸ mana Nabi berkata : " itu lebih mungkin untuk menciptakan cinta antara Anda . " Dan ini adalah awal dari kehidupan pernikahan atas dasar cinta , yang merupakan dasar dari Alastaqrarl dan permanen .3 - untuk mencegah pertimbangan kerusakan pertunangan dan cincin kawin , jika seorang pria menikahi Dzn untuk melihat , dan kemudian tidak menyukai istri baik dipelihara pada membenci , dan bahwa kerusakan padanya dan dia, baik untuk menceraikannya , Velhgaha kerugian dan kerusakan, dan kehilangan adalah kuda poni , maka kita harus mempertimbangkan .Isu keempat : izin untuk mempertimbangkanPendapat ulama : Apakah penting bahwa Astaznha pelamar atau izin wali sebelum mempertimbangkan ? Akan membutuhkan pengetahuan tentang ilmu pengetahuan atau wali ? Kata ulama berbeda pendapat bahwa ada dua pandangan ke:
Saya katakan : tidak memerlukan izin dari gadis atau walinya , tidak memerlukan pengetahuan , tidak menyadari walinya , pandangan mayoritas ulama Hanafi , dan Syafi'i , dan Hanbali , dan Ibnu Hazm , yang ditularkan dari Revolusioner Sufian .Pandangan kedua dikondisikan otorisasi dari atau wali , adalah pandangan Maliki .Bukti : dikutip publik , termasuk yang berikut :1 - izin kecukupan jalan , yang diberikan kepada tunangan , tanpa memerlukan izin atau pengetahuan .2 - karena hadits Nabi secara eksplisit dalam paspor tidak meminta izin , atau memberitahu mereka , karena Nabi berkata dalam sebuah wawancara dengan Abu Hamid : " Jika mereka tidak belajar . "Pemilik mengatakan kedua dikutip membaca mentalitas bukti :1 - Kondisi izin untuk membendung dalih agar tidak lagi bermoral untuk melihat setiap wanita dengan dalih bahwa mereka berbicara .2 - Dalam kasus Astgvalha dan dilihat tanpa izin telah terletak melihat ketelanjangan tidak dibolehkan baginya untuk dilihat , itu harus disahkan .Lebih tepat dikatakan : kembali untuk mengatakan saya : bukti untuk kesehatan dan keselamatan tim ini untuk oposisi , dan karena izin hambatan bagi pelamar , beberapa malu untuk meminta izin untuk melihat tunangannya .Isu kelima : batas dianggapHal ini bertujuan agar memecahkan Bmalkyaljze ditangani Arahy dari tunangannya terbuka , dan di mana kata Hmaalomr ahli hukum yang berbeda terhadap laporan :Pandangan pertama adalah dengan melihat wajah saja, adalah pandangan Ahmad dan al- Ghazali .Pandangan kedua adalah wajah , tangan dan siang Batna , berjingkat ke halte rinci, ulama opini publik dari Hanafi , Maliki , Syafi'i dan , dan katakanlah kepada Ahmad , sebuah pengalihan dari Revolusioner Sufian .Pandangan ketiga : Pertimbangkan apa yang tampaknya mereka sering , seperti wajah , dan kain kafan , leher , dan kaki , adalah pandangan Imam Ahmad .Katakanlah keempat : semua terlihat adalah pandangan Ibn Hazm , dan mengatakan ada Ozai segera , itu adalah melihat posisi daging .Bukti : dikutip yang mengatakan bahwa dalam pandangan wajah saja:Karena terus mempertimbangkan kebutuhan untuk terburu-buru , mengingat kebutuhan untuk menghadapi , dan sisa-sisa lain pada larangan , karena wajah adalah keindahan yang kompleks , Victvly dia dari yang lain . Sayers dikutip diberikan kepada wajah dan tangan , termasuk yang berikut :1 - dari kata-kata Kudus dari Allah : ( tidak mengungkapkan perhiasan mereka kecuali apa yang tampak darinya )Kesimpulannya adalah ayat ini : bahwa perempuan tidak diizinkan untuk membuat perhiasan tersebut kecuali apa yang tampak darinya , yang tidak aurat wajah , tangan , yang menunjukkan bahwa fenomena tersebut adalah menjadi wajah hias , tangan , sebagai berikut :Pertama : nama gadis modern Abu Bakar , Aisyah meriwayatkan bahwa nama-nama yang dimasukkan pada Rasulullah dan pakaian wafer mays , berpaling dari mereka , dan kemudian berkata : Apa ini , O nama ? Jika wanita belum mencapai menstruasi cocok untuk melihat mereka , tapi ini dan menunjuk ke wajah dan tangannya .Kedua : Pindah ini untuk mengatakan tentang Aisha , Ibnu Abbas , Ibnu Umar dan Saeed bin Jubair , dan Awzaa'i dan Revolusioner Sufian .2 - Karena wajah dan tangan adalah apa yang muncul dari perempuan di ihram untuk haji , yang menunjukkan mereka dalam doa , yang menunjukkan mereka sering .Dikutip Qalol yang diberikan kepada wajah dan tangan , termasuk yang berikut :1 - bahwa saw sebagai yang berwenang dalam melihat itu dari non - mengajar , belajar bahwa ia diberi wewenang untuk melihat apa yang membersihkan mereka sering, terletak tidak singling wajah dan tangan , yang diberikan kepadanya dengan pos lain muncul .Albania mungkin pendapat ini didasarkan pada sahabat Nabi melakukan mereka Jaber , dan Mohammed bin Muslim , dan Omar , yang mengungkapkan kaki Umm Kultsum .Dia mengutip Sayers diberikan ke seluruh tubuh dari tunangannya , termasuk yang berikut :Aspek Dikutip paket pada apa yang masuk ke dalamnya : arti jelas dari teks dalam mengatakan " memastikan " Jalan adalah apa yang diberikan kepada mereka tidak mengecualikan salah satu dari mereka .Bobot : dianggap berasal katakan pada paspor kedua untuk melihat wajah dan tangan sebagai berikut :1 - Karena wajah dan tangan tidak auratnya, karena perempuan dengan link yang valid mengungkapkan mereka , dan ketika Tkhvhma Ihram di Haji .Dan ditambahkan ke wajah dan tangan sebagai berikut :1 - dipertimbangkan pelamar ke bangku dan Qamtha , dan menyadari panjang istana , dan solvabilitas Nhafetha , dan keselamatan tubuhnya , meluruskan kiprah , dan bebas dari cacat jelas , Nabi saw naik dipertimbangkan dan diperbaiki dengan seorang wanita yang bertiup sendiri kepadanya , tetapi tidak Mohammed bin Muslim yang diusir expel penglihatan parah , tidak hanya terlihat pada wajah dan tangan , tetapi untuk bangku pada umumnya , panjang , dan istana , dan sebagainya .2 - untuk mencari pahala dan mengundang dia untuk menikahinya , semua itu tak tertahankan teks yang ditampilkan pada legalitas pertimbangan , tapi perampokan Divisi bin Mohammed bin Muslim .Isu keenam : waktu pertimbanganLihat mayoritas ulama dikatakan mempertimbangkan khotbah , dan setelah itu ditentukan , bahkan jika ia melihat tidak menyenangkan hatinya Fterkha , tidak ada salahnya selain apakah visi setelah khotbah . Seperti Tabel Nabi saw : jika dilemparkan ke dalam hati manusia akan mengusulkan kepada seorang wanita tidak ada salahnya untuk dilihat .Pertanyaan Ketujuh : mengingat kondisi1 - dianggap sebagai niat khotbah , wawancara dengan Abu Humaid bahwa Nabi berkata , " Jika dilihat sebagai sebuah khotbah . "2 - tahu bahwa mereka bebas dari hambatan yang mencegah perkawinan , karena perempuan asing mungkin tidak menikahinya di tempat pikiran kontraindikasi pernikahan mungkin tidak melamarnya , dan tidak dapat dilihat .3 - Jangan berduaan dengannya dengan dalih untuk melihat hal itu karena lisensi pandang dan bukan sesuatu yang lain .4 - cenderung berpikir bahwa pelamar yang setuju untuk menikah dengannya , tapi kalau dia tahu bahwa itu tidak dijawab pada khotbah tidak dibolehkan baginya untuk dilihat .Masalah Kedelapan : Pertimbangkan serta menginginkannya dan semangatPendapat ulama : ulama dalam kata yang berbeda untuk melihat serta menginginkannya tunangan sebagai berikut :Saya katakan : Ini adalah halal baginya untuk melihat serta menginginkannya dan bahkan takut penderitaan , adalah pandangan Hanafi dan Syafi'i .Pandangan kedua diperlukan di paspor yang akan dianggap aman ketika letusan Almzer keinginan , dan itu tidak dimaksudkan untuk mempertimbangkan Savoring atau kecurigaan , dan itu mengatakan Maliki dan Hanbali .Masalah Kesembilan : Duplikat mempertimbangkanPendapat para ahli hukum : Kata sandi ulama berbeda pendapat dalam posisi mempertimbangkan mengulangi sebagai berikut :Pandangan pertama dianggap sebagai paspor untuk mengulangi kata-kata dari izin Syafi'i dan Hanbali untuk jalan yang ada .Pandangan kedua terlihat sejauh yang cukup untuk membuktikan Haiha , U \ diaktifkan memperkirakan bahwa tiga kali , adalah pandangan beberapa Syafi'i .Pandangan yang berlaku : diperbolehkan untuk mempertimbangkan ulang tanpa batasan, dengan izin umum .Masalah Kesepuluh : tempat untuk dipertimbangkan1 - di tempat umum , di pasar atau bidang , misalnya , bukti sebagai berikut :A - Mu'aadh " Saya pikir Otakbo asal-usulnya di telapak tangan " dalam setiap bidang pengayakan .B - seorang wanita modern untuk mengabdikan dirinya kepada Nabi , yang telah disediakan dengan teman-temannya di tempat umum .2 - di rumah keluarganya atau di rumah laki-laki relatif bersedia mereka , dan bukti tentang hal ini dalam sebuah wawancara dengan paspor untuk melihat yang ingin menikahinya di rumah keluarganya , setelah meminta izin untuk itu , dan di hadapan saudara laki-laki jauh dari sendirian yang mendorong wanita Bkhaddor lebih , atau inses dan banyak lagi.Persyaratan kedua : menganggap perempuan dengan laki-lakiKata ulama menyepakati legalitas pandang bertunangan dengan pelamar , tetapi teks yang mulai mencari tunangan mampu karena alasan berikut :1 - bahwa wanita ingin melihat apa yang seorang pria mencintai seorang pria untuk melihat mereka .2 - mereka mendapatkan keuntungan dari pertimbangan karena merupakan manfaat menatapnya kasih sayang dan kepuasan , penerimaan dan kekaguman .3 - karena merupakan pihak dalam kontrak dan berhak untuk menyetujui atau menolak , ia memiliki hak untuk melihat dia dan melihat apa yang biasanya muncul , untuk mengekspresikan pendapatnya, setelah ilmu dan pengetahuan .4 - mengatakan , untuk melihat legalitas pelamar sejalan dengan maksud untuk mempertimbangkan legalitas jalan, ketika ia berkata : " untuk menciptakan cinta antara Anda , " diedarkan ke keberlanjutan atau selalu mengerti mereka perlu untuk mendapatkan dia untuk mempertimbangkan mereka , dan bagaimana lagi selalu akan mempertimbangkan mereka jika itu adalah salah satu sisi .Penerapan khotbah di MalaysiaKeterlibatan di Malaysia terkadang identik dengan makna dan tujuan dari khotbah fuck fuck khotbah ( atau , secara umum di Malaysia , tergantung pernikahan ) adalah pernikahan yang memenuhi semua persyaratan pernikahan , tapi pasangan tidak hidup bersama . Kontrak pernikahan adalah kontrak untuk menikah normal, tapi tanpa pernikahan .Selain itu, tanggung jawab untuk pemeliharaan istri kepada suami tidak diperlukan , sehingga hidup suami dan istri seperti biasa .Karena mereka sudah menikah , mereka bisa pergi keluar bersama-sama , belajar bersama atau kegiatan yang hanya dua dari mereka melibatkan apapun . Metode ini lebih baik daripada sendirian . Jika itu yang akan terjadi kehamilan , dan anak yang sah .Islam penuh rahmat dan berkah Anda . Diutus oleh Allah SWT menciptakan manusia tidak menghalangi atau menolak kebutuhan manusia seperti keinginan [ libido ] nafsu , tapi Islam datang untuk memperbaiki dan membimbing orang untuk penerapan keinginan untuk kebenaran dan kebaikan .Ini mungkin keterlibatan pernikahan dan upaya yang tekun di dalam negeri untuk meningkatkan inti dan untuk menghindari zina di kalangan masyarakat.Dengan bahwa Islam membuat keterlibatan bercinta sebagai sarana untuk mempelajari karakteristik pria dan wanita bahkan menunjukkan kasih sayang dan ketenangan mereka dalam kinerja kehidupan pernikahan .Sebagai Jabir semoga Allah berkenan terhadapnya , kata Nabi saw :" Jika ada yang pidato , para wanita bisa dilihat dari mereka untuk Maidaoh menikahinya Valeval Fajtabt nabi yang sedang berlangsung Salamah pikir aku bersembunyi di bawah kesedihannya sampai aku melihat apa yang beberapa dari mereka memanggil saya untuk menikah Vtzojtha nya . "

thailand 2013

thailand 2013
phi phi and james bond island